Rabu, 25 Januari 2023

Ini Komitmenku Mana Komitmenmu

 

Judul                : Ini Komitmenku Mana Komitmenmu
Resume            : ke-8
Gelombang     : 28
Hari/ Tanggal: Rabu, 25 Januari 2023
Tema                : Komitmen Menulis Di Blog
Narasumber   : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si
Moderator       : Sigid PN, SH

 

Sumber: Dokumen Pribadi

Selamat malam, berjumpa lagi malam ini di KBMN PGRI dengan tema Komitmen Menulis Blog. Yang berbeda malam ini adalah kami membuka kelas menulis hari ini dengan zoom, biasanya kami membaca tulisan narasumber di WA Group, kali ini bertatap muka secara online. Melihat wajah teman-teman yang hanya sempat di lihat pada profil WA :D


Sumber: Dokumen Pribadi

Malam ini kami memiliki Narasumber dengan berderet pengalaman yang sangat banyak. Narasumber kali ini adalah seorang Pendidik, Trainer, Nara Sumber bidang Pendidikan, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, Kepemimpinan, Berbicara dimuka Umum, Teknologi Informasi, Menulis Kreatif/Creative Writing, Pendidikan Karakter, Komunikasi dan Teknologi Informasi - Komunikasi/TIK. Beliau adalah Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.

Target beliau adalah menginspirasi peserta untuk jadi produktif berinternet.

Fokusnya tentang bagaimana kita konsisten menulis Blog.

Beliau mengatakan, dari 3,31 juta Guru, hanya sedikit yang disebut sebagai guru hebat. Kenapa? Karena mayoritas dari mereka tidak produktif, mayoritas suka melakukan hal secara minimalis hanya karena tidak mau berusaha lebih banyak dari orang lain.

Banyak nama guru tidak dikenal, hanya dilihat dari seragam, tetap tidak dikenal namanya. Banyak guru terlalu serius bekerja, sehingga tidak bisa melakukan hal lain kecuali bekerja yang itu-itu saja. Kalau kita terlalu serius, maka lupa untuk menngurus yang lain karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, sampai keluarga pun bisa ditinggalkan.

Salah satu ciri orang yang hebat adalah ia produktif, produktifnya seseorang dapat dilihat dari kerja kerasnya. Ketika kita produktif kita akan menjadi berani, karena kita memiliki sesuatu yang dapat dibanggakan.

Salah satu cara untuk produktif adalah menulis di Blog. Apa yang kita temui di sekolah, di tempat kerja dapat kita dokumentasikan di dalam media Blog dalam bentuk foto maupun tulisan.

Sekarang pun banyak orang tidak lagi bekerja dengan kertas. Dokumentasi di lakukan dengan media social, atau cloud. Seorang dokter, professor, guru besar di masa lalu pun banyak yang tidak lagi dikenal, karena mereka tidak mengabadikan hidupnya, cara mengabadikan diri salah satunya dengan tulisan.

Ada pepatah:

"Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang"

Jadi, kalau kamu mati mau meninggalkan apa?

Salah satu cara untuk meninggalkan kenangan atau mengabadikan diri kita di dunia dengan menulis. 

Menulis dapat diawali dengan membuat outline, selesaikan tulisan yang sudah kita mulai, kemudian upload ke dalam blog, entah pendek entah Panjang tidak masalah, langkah berikutnya publish agar dibaca banyak orang. Jangan lupa ikut komunitas agar lebih termotivasi, dan banyak membaca untuk menambah referensi.

Mulailah hari-hari dengan bersyukur dan mendokumentasikan setiap momen dengan tulisan.

Jadi menurut saya, untuk berkomitmen khususnya dalam menulis, kita memang membutuhkan waktu untuk konsisten, tapi cintailah proses yang di lalui.

Tetap semangaaaat…jangan lupa ekspresikan diri dengan tulisan.

Dan tinggalkan jejak anda dengan komentar yaaa…

10 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke halaman Blog saya.