Jumat, 27 Januari 2023

Menulis itu Semudah Ngemil Kacang

Judul                : Menulis itu Semudah Ngemil
Resume            : ke-9
Gelombang     : 28
Hari/ Tanggal : Jumat, 27 Januari 2023
Tema                : Menulis Itu Mudah
Narasumber   : Prof. Dr. Ngainun Naim
Moderator       : Lely Suryani, S.Pd., SD

 

Sumber: Dokumen Pribadi


Jumpa lagi dalam KBMN PGRI, kali ini KBMN akan memberikan materi mengenai mudahnya menulis. Materi malam ini dibuka dengan pengingat, bahwa penulis harus memiliki komitmen dan selalu konsisten dalam menulis. Dimana 2 hal tersebut harus dipegang teguh oleh penulis jika ingin ada perubahan positif pada dirinya.

Narasumber malam ini adalah Prof. Dr. Ngainun Naim. Beliau adalah seorang guru besar di UIN SATU Tulungagung, sosok teladan yang murah ilmu, begitulah salah satu artikel di kompasiana menyebutnya.

Beliau menjelaskan bahwa di pertemuan malam ini, beliau tidak akan menjelaskan mengenai menulis itu mudah atau sulit, tetapi ingin mengajak peserta agar bisa menulis, dan caranya hanya satu, dengan menulis.

Beliau melontarkan satu pertanyaan yang sering terpikirkan juga oleh penulis pemula, apa yang mau ditulis?

Prof. Dr. Ngainun Naim pun menyampaikan, bahwa ada beberapa kunci menulis yang mudah untuk dilakukan, yaitu:

1. Menulislah hal-hal yang sederhana, yang kita alami

Beliau pun menjelaskan, pengalaman hidup sehari-hari itu sumber tulisan yang subur. Kita akan mudah menuliskannya karena kita menceritakan apa yang kita alami. Tinggal kita memilih aspek apa yang mau kita ceritakan.

2. Jangan menulis sambil dibaca lalu di edit

Hal tersebut akan menjadi hambatan psikologis dalam menuangkan pikiran. Menulis itu ya menulis, begitu kata Prof. Dr. Ngainun Naim. Keluarkan saja apa yang ada dalam pikiran secara bebas, lanjut beliau.

Ketika sudah selesai menulis atau karena sudah habis yang mau ditulis, maka tinggalkan dulu. Simpan dulu, jangan dibaca, cari suasana psikologis yang berbeda, istilah yang disampaiakan Prof. Dr. Ngainun Naim adalah diendapkan dulu. Baru dibaca kemudian dicermati kalimat demi kalimat. Tambahkan ide yang ada jika memang perlu ditambahkan. Beliau selalu membaca ulang tulisannya sebelum di publish, prinsip beliau sangat sederhana, yaitu meminimalkan hal yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Kenapa? Karena tulisan kita adalah jejak kita.

3. Menulis tentang perjalanan

Jenis tulisan ini mudah dibuat. Semua orang sering melakukan perjalanan, apa saja yang kita temui di perjalanan bisa kita jadikan sebuat tulisan. Contoh yang lain adalah ketika rekreasi/berwisata/piknik, kita dapat menuliskannya karena kita menjalaninya.

4. Menulis secara ngemil (Bahasa Prof. Dr. Ngainun Naim sungguh unik)

Maksudnya adalah menulis sedikit demi sedikit. Beliau nyaris setiap hari menulis beberapa jenis tulisan. Untuk blog atau Kompasiana, beliau menarget 3-5 paragraf, untuk artikel jurnal beliau menarget 1 paragraf.

Beliau menegaskan bahwa 4 hal tersebut mudah untuk dipraktikkan oleh peserta KBMN PGRI.

Luar Biasa, ternyata tidaklah sulit untuk menulis, hanya memulainya saja yang penuh dengan pemikiran dan perasaan negatif yang berlebihan. Jadi tepis semua pikiran dan perasaan yang tidak jelas itu, dan mulailah menulis, jangan takut salah, dan tetap ekspresikan diri dengan tulisan.

Jangan lupa tinggalkan jejak anda dengan menulis di kolom komentar. Terima kasih.

15 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke halaman Blog saya.