Rabu, 18 Januari 2023

Yuk kita lanjut Ngeblog

Judul                : Yuk kita lanjut Ngeblog
Resume            : ke-5
Gelombang     : 28
Hari/ Tanggal: Rabu, 18 Januari 2023
Tema                : Blog sebagai media pembelajaran
Narasumber   : Dail Ma’ruf , M.Pd.
Moderator       : Purbaniasita KS, S.Pd.
 
Sumber: Dokumen Pribadi

Berjumpa lagi di blog Dee1stChannel, dengan saya Dyah Kusumaningrum yang kali ini akan membuat resume mengenai Blog sebagai Media Pembelajaran. Pada tulisan sebelumnya saya juga pernah menulis mengenai blog, untuk melengkapinya kali ini saya bertemu dengan narasumber yang handal. Tulisan saya mengenai blog sebelumnya dapat di baca pada link:

https://dee1stchannel.blogspot.com/2022/04/yuk-kita-buat-blog.html.

Sebelumnya saya perkenalkan terlebih dahulu, Narasumber malam ini adalah Bapak Dail Ma’ruf, M.Pd.. Beliau adalah seorang guru di SD Islam Al Azhar 10 Serang. Beliau merupakan peserta KBMN gelombang 20 yang kemudian menjadi Tim Solid OmJay. Dari KBMN dan OmJay lah beliau mengenal cara pembuatan Blog.

Beliau memaparkan mengenai apakah itu blog lewat slidenya. Bahwa kata Blog berasal dari weblog yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1998 oleh Jhon Barger. Berger memberi nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat pribadi dan disering diperbarui dari waktu ke waktu. Dengan kata lain blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengatualisasikan diri dan mengabarakan pada komunitas global.

Blog sebenarnya dapat kita gunakan untuk hal positif dan bermanfaat, khususnya bagi guru atau pengajar, blog dapat diguanakn sebagai media pembelajaran yang efektif.

Menurut Narasumber, ada banyak sekali blogger yang terkenal di Indonesia, antara lain 5 orang blogger yang paling terkenal adalah Herman Yudiono, Raditya Dika, Sugeng Ryadi, Carolina Ratri dan Dani Rachmat.

Melajutkan materi dari Narasumber bahwa blog dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:

  1. Blog Pendidikan, biasanya ditulis oleh pelajar atau guru
  2. Blog sastra, lebih dikenal sebagai litblog (Literary Blog) yang berisi masalah yang berkaitan dengan sunia sastra.
  3. Blog Pribadi disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang. Bisa berupa keluhan, puisi atau syair, gagasan dan perbincangan teman.
  4. Blog Bertopik, yaitu blog yang membahsa sesuatu masalah/topik tertentu, dan fokus pada bahasn tertentu.
  5. Blog Kesehatan, kebanyakan berisi mengenai keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-keterangan tentang kesehatan.
  6. Blog Politik, berisi tentang berita politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye).
  7. Blog Perjalanan, fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan.
  8. Blog Riset, berisi tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  9. Blog Hukum, berisi persoalan tentang hukum atau urusan hukum disebut juga denganbloglaw (Blog Laws)
  10. Blog Media, berfokus pada bahsan kebohongan atau ketidak konsintenan media massa, biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
  11. Blog Agama, membahas mengenai masalah yang terkait dengan agama.
  12. Blog Bisnis, digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka

Blog memiliki banyak manfaat bagi dunia pendidikan, hal ini juga pernah kita rasakan ketika terjadi pandemi Covid-19, dimana hampir semua pembelajaran dialihkan secara online, sehingga berbondong-bondong guru mulai memanfaatkan media pembelajaran daring, salah satunya adalah Blog. Minimal ada 5 manfaat blog menurut Narsaumber kita malam ini, yaitu:

  1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru Artinya, kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya.
  2. Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar. Blog akan memudahkan guru karena segalanya dapat dimasukkan ke dalam blog. Misalnya materi pelajaran, tugas siswa, informasi nilai siswa, bahkan evaluasi/ujian untuk siswa.
  3. Blog dapat meningkatkan minta belajar pada siswa. Tampilan Blog yang menarik, bahasa yang santai dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar. Terbukti dari hasil penelitian seorang guru di SMA Negeri 2 Magelang yang bernama Sartono, nilai siswa meningkat menjadi 87% setelah menggunakan Blog sebagai media pembelajaran.
  4. Blog dapat diakses oleh sipapun di belahan dunia manapun. Karena disajikan secara online sehingga blog dapat dimana pun, kapan pun, oleh siapa pun.
  5. Blog dapat menjadi media silaturahmi.

Narasumber juga memaparkan dalam slidenya mengenai bukti-bukti akurat peningkatan prestasi siswa ketika menggunakan blog.

Sumber: Dokumen Pribadi

 

Bukti Pernyataan dari Mayor Nani juga memperkuat kelebihan dalam penggunaan Blog untuk Media Pembelajaran.

Sumber: Dokumen Pribadi

Blog dapat dibaca oleh siapa saja, tanpa harus memiliki akun. Tetapi sebagian Blog ada yang bisa diberikan komentar dan tidak, karena untuk pemberian komentar, masih ada beberapa blog yang mengharuskan pembaca memiliki akun untuk bisa meninggalkan komentar atau penilaian, tetapi ada juga yang tidak (seperti kompasiana, dan blogger).

Dari Blog kita dapat menghasilkan uang, seperti contohnya dari iklan yang disematkan oleh program kerjasama, seperti adsense di Blogger milik Google. Perhitungan monetisasi dari iklan bisa dengan sistem bayar per klik (kita dibayar ketika ada yang mengklikiklan), atau bayar bulanan untuk biaya penayangan iklan. Selain itu bisa juga dihitung dari viewer yang melihat blog kita per bulan. Untuk monetisasi ini saya sendiri pernah mengalaminya ketika menggunakan blogger, tetapi karena konten yang saya tampilkan tidak original, maka penanyangan iklan dihentikan, dan blog diblokir oleh google, itu juga disebabkan karena kurang pahamnya saya dengan istilah perawatan blog.

Next, kembali ke materi malam ini oleh Narasumber kita, dijabarkan oleh beliau mengenai cara memotivasi diri dalam pembuatan Blog, yaitu:

  1. Buatlah dengan sehebat dan semenarik mungkin
  2. Niatkan bahwa menulis itu ibadah semoga tulisan yang dibuat manfaat bagi pembaca
  3. Ikhlaskan apakah yang membaca dan komen banyak atau sedikait--- jangan berhenti
  4. Yakinlah bahwa dengan menulis setiap hari, maka tiap tahun akan bisa terbitkan  1 buku
  5. Siapa yang berbuat baik akan dapat kebaikan--- maka rajin kunjungi blog orang lain dan beri komentar
  6. Tips agar dikunjungi pembaca adalah buat isinya sesuai dengan musim, apa yang baru trend.
  7. Pede saja--- bahwa yang kadang menurut kita sepele--- bagi orang lain berharga
  8. Untuk bisa membuat dan merawat Blog agar cantik mempesona--- kepoin Blog terbaik di Indonesia --- amati tiru dan modifikasi -- cari tutorial cara kelola Blog agar mempesona
  9. Jika tulisan bagus, maka itu relatif-- tapi semakin sering menulis--apalagi setiap hari maka akan semakin bagus

Wow amazing, banyak sekali kata-kata motivasi dari beliau, semoga ini dapat menjadikan tekat kita semakin kuat untuk menulis di Blog.

Sampai disini resume hari ini, semoga menginspirasi, dan salam literasi.
Jangan lupa, ekspresikan diri dengan tulisan.


Ups jangan lupa komentar ya, tinggalkan jejak sebagai kenangan dan salam silaturahmi.

22 komentar:

  1. Mantap, silahkan jika berkenan mampir ke lilik-kistiana.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Hayuuk, nge-blog ... hehehe, mantap mbak blogya
    https://theresiamartinioke.blogspot.com/2023/01/blog-sebagai-media-pembelajaran.html

    BalasHapus
  3. Luar biasa....mampir yuk ke milmayasmi82.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Resume yang mantap. Lengkap dan informatif luar biasa. Moga kelak bisa jadi buku solo.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke halaman Blog saya.