Senin, 27 Februari 2023

Suara Guru

 Judul                : Suara Guru
Resume           : ke-22
Gelombang     : 28
Hari/ Tanggal   : Senin, 27 Februari 2023
Tema                : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru
Narasumber    : Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd.
Moderator        : Sim Chung Wei, S.P.

 

Sumber: Dokumen Pribadi

Malam ini KBMN PGRI akan bertatap muka melalui zoom dengan Narasumber Bapak Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd., beliau seorang guru yang aktif di organisasi PGRI sebagai wakil bendahara, dan aktif menulis.

Menurut Wikipedia, Majalah Suara Guru adalah majalah organisasi yang diterbitkan oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia  atau disingkat PB PGRI. Majalah ini terbit setiap bulan sejak tahun 1949, hingga sekarang. Kantor redaksi sejak tahun 1949 hingga saat ini ada di Jalan Tanah Abang III Nomor 24, Jakarta Pusat.

Media organisasi ini merupakan media komunikasi dan perjuangan yang ada sejak awal berdirinya PGRI. Seiring perkembangannya, kini majalah suara guru terbit dua bulan sekali memuat tulisan para guru tentang pendidikan, kegiatan organisasi, dan risalah hasil kongres PGRI.

Majalah ini termasuk majalah tertua yang telah diterbitkan di tanah air, karena pada tahun 2023, usia penerbitan majalah Suara Guru sudah hampir mencapai 74 tahun.

Majalah Suara Guru yang merupakan majalah yang sudah terbit mulai dari Aceh sampai NTT, Sulawesi tengah, Papua dan Maluku. Sebagai majalah organisasi juga berperan sebagai ruang ekspresi literasi untuk guru, majalah ini memiliki berbagai macam rubrik. Rubrik utama adalah Suara Utama yang berisi tentang berita, informasi, tata kelola guru yang bersifat nasional, kemudian ada rubrik Opini, Sastra, Destinasi/perjalanan, Sejarah, Edutainment, Oase, Percik, Inspiratif, Liputan Sekolah, dan Bahasa.

Keterangan mengenai rubrik tersebut adalah sebagai berikut:

1.    Rubrik Sastra dapat berisi cerpen, puisi, pantun.

2.    Rubrik Destinasi dapat berisi mengenai perjalanan, kuliner, tempat wisata atau budaya

3.    Rubrik sejarah dapat berisi sejarah nusantara

4.    Rubrik opini memiliki syarat:

  • Karya sendiri, tidak boleh plagiat
Majalah Suara Guru tidak akan menerima tulisan hasil plagiat.
  • Tidak boleh menyerang pribadi seseorang atau memanfaatkan isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA)
  •  Aktual, yaitu sesuai dengan tema yaitu pendidikan, tidak mengirmkan opini diluar pendidikan, karena Majalah Suara Guru di khususkan untuk membahas masalah pendidikan.
  • Dituliskan dengan bahasa populer, komunikatif, lugas dan enak di baca.
  • Tulisan paling banyak 700 kata atau 1,5 lembar A4 dengan spasi 1,5 dan font Times New Roman ukuran 12.

Diluar opini dapat dibuat sepanjang 400-500 kata, puisi dapat di kirim hanya 1 puisi.

5.    Rubrik Praktik Baik

Berisi mengenai tulisan guru yang ingin menyampaikan praktik baik, seperti penerapan metode pembelajaran atau pengalaman mengajar.

Di kirmkan dalam bentuk naratif/deskriptif, bukan dalam bentuk makalah atau PTK.

6.    Rubrik Liputan Sekolah/Perguruan Tinggi

Berisi tentang reportase atau liputan kegiatan di sekolah dari PAUD sampai ke perguruan tinggi. Untuk liputan Sekolah dilengkapi dengan foto.

7.    Rubrik Oase dan Percik

Berisi tentang motivasi hidup atau mutiara kehidupan.

Untuk guru yang ingin mengirimkan artikelnya bisa di kirimkan melalui majalah.suaraguru@gmail.com, tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mengirimkan artikelnya. Dan guru yang mengisi di Majalah Suara Guru akan mendapatkan merchandise dan hadiah yang menarik. Artikel yang dimuat di Majalah Suara Guru dapat juga di nilaikan untuk kenaikan pangkat bagi guru ASN.

Majalah ini di cetak dengan Art Paper Glossy dengan harga Rp 25.000.- untuk pengiriman akan ditambahkan dengan ongkos kirim.

Untuk sekolah yang menginginkan majalah tersebut dapat menghubungi bagian marketing Majalah Suara Guru di 6287882289299 (Widya) atau 6285814213473 (Tyas).

Majalah Suara Guru terus aktif dalam kegiatan literasi guru dengan menyelenggarakan banyak lomba, seperti lomba menulis untuk guru dengan hadiah jutaan rupiah.

Majalah ini terbit pasti harus ada yang menulisnya, serta mencari cara agar banyak yang  membaca, karena itu merupakan bentuk apresiasi terhadap karya guru.

Selamat berekspresi dengan tulisan 😍

 

5 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung ke halaman Blog saya.